Keterampilan Bahasa Produktif Berbicara
PEMBAHASAN
MENGENAI ICON PADA MICROSOF WORD
2007
Dosen
Pengampu : Dra. Rosdiana Siregar, M.Pd.
DISUSUN
OLEH :
KELOMPOK
1
REGULER
B 2016
1. Dinda Delfi Asyifa
2. Vivi Sulastri
3. Sukma Wati
4. Yola Ayu Ningtias
5. Yusdiantina
PRODI
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS
NEVER MEDAN
2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala berkat- NYA
sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun
isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat bermanfaatkan untuk
mendapatkan wawasan mengenai icon-icon pada microsof word.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan
pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi
makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang
saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca
untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan
makalah ini.
Medan,
21 November 2016
Kelompok 1
Office Button
Nama Icon
|
Keterangan
|
New
|
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
|
Open
|
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
|
Save
|
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
|
Save As
|
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam
format tertentu
|
Print
|
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang
aktif
|
Prepare
|
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap
file dokumen aktif
|
Send
|
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif
sebagai email / faksimile
|
Publish
|
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website
/ blog / dll
|
Close
|
digunakan untuk menutup file dokumen aktif
|
A. Mengenal Fungsi Icon pada
Tab Home
1.Clip
Board
Group
Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste :
untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut :
untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy :
untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format
Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen
lainnya.
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses
pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
2.Group Font
Menu-menu
di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri
dari :
Font :
untuk memilih jenis huruf
Font
Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow
Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink
Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change
Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear
Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold :
untuk menebalkan teks terpilih
Italic
: untuk memiringkan Teks terpilih
Underline
: untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough
: memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript
: untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript
: untuk mengetik karakter pemangkatan
Text
Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text
Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font
Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
3. Group Paragraph
Group
Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk
mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets
: untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering
: untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease
Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase
Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right
: untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left
: untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort :
untuk menyortir data
Show
Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align
Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center
: untuk mengatur teks rata tengah
Align
Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify
: untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line
Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading
: untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border
: untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
4. Group Styles
Group
Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading
Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change
Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
5. Group Editing
Secara
umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find :
untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace
: untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata
tertentu dalam suatu file
Select
: digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file.
B. MENGENAL FUNGSI ICON PADA TAN INSERT
Tab
Insert biasanya digunakan untuk menyisipkan sebuah objek ke dalam dokumen yang
sedang kita buat. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, atau sebuah karakter
spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, kita bisa menyisipkan
link ke dalam file yang berada di luar dokumen, bahkan dapat terhubung langsung
ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat
pada Ribbon / Menu Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan
fungsi. Beberapa Group yang terdapat di menu ini adalah: (1) Pages, (2) Tables,
(3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7)
Symbols.
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing group yang
terdapat pada menu Insert
1. Fungsi
Icon yang ada di Group Pages
o
Cover Page digunakan
untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
o
Blank Page untuk
menyisipkan/membuat halaman baru dalam suatu file dokumen
o
Break Page untuk
memisah suatu halaman file dokumen
Cover
Page dibutuhkan saat kita ingin membuat halaman sampul
dari suatu file yang sedang digarap, merupakan fitur terbaru Microsoft Word
2007 yang . Kita bisa memilih bentuk sampul serta melakukan setting seperlunya,
jadilah halaman sampul yang formal tanpa mengurangi nilai estetika.
Blank
Page digunakan untuk membuat halaman baru. Ini sangat
membantu kita saat mengelola dokumen harus pindah ke halaman baru. Jadi kita
tidak perlu menekan Enter ratusan kali untuk mendapatkan halaman baru. Ini
sesuai dengan visi Microsoft Word 2007 seabgai aplikasi perkantoran yang
simpel, praktis dan juga efisien.
2.
Fungsi Icon yang ada di Group
Tables
Sedangkan Break
Page sangat dibutuhkan
terutama saat kita ingin memisahkan beberapa paragraf menjadi dua halaman.
sebagai contoh, dalam suatu dokumen teridiri dari 4 paragraf dalam satu halaman
saja, terus kita ingin menjadikannya sebagai dua halaman, maka kita cukup
meletakkan kursor di bagian akhir paragraf yang ingin dijadikan halaman
pertama, klik icon Break page. Maka paragraf tadi akan berpindah ke halaman
berikutnya.
Insert
Table ini dapat kita gunakan untuk menyisipkan
sebuah tabel melalui dialog box. Kita hanya menentukan jumlah kolom ke samping
di area Number of Columns serta mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan
jumlah kotak ke bawahnya. Disini jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi
kita dapat menyisipkan tabel sepuasnya melalui perintah ini.
Draw
Table berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan
menggambar secara manual di area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer mouse
langsung berupa menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk membuat
gambar tabel berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis
lurus namun tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila kita membuat garis
ini secara berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat akan menjadi area dalam
suatu tabel.
Convert
Text to Table digunakan untuk mengkonversi atau mengubah
paragraf terpilih menjadi berbentuk tabel. Disini program berjalan secara
stereotip. Program hanya melihat adanya jejak tombol Tab dan Enter di keyboard.
Bila hanya ada dua paragraf yang terseleksi maka hasilnya hanya ada dua kotak
atas-bawah. Apabila teks yang terseleksi terdiri dari dua paragraf yang
spasinya menggunakan tab, maka hasilnya terdapat dua kolom ke samping dan dua
baris ke bawah.
Excel
Spreadsheet digunakan untuk menyisipkan tabel dengan
format lembar kerja Excel. dengan fitur ini kita dapat memasukkan rumus fungsi
layaknya di lembar kerja Excel. Jadi, kita dapat menghadirkan spesifikasi Excel
biarpun sebenarnya sedang bekerja di aplikasi word processor.
Quick
Tables… berfungsi untuk menyisipkan jenis tabel sesuai
jatah yang tersedia di MS. Word 2010 ini. Kita dipersilahkan untuk memilih
jenis dan tema tabel yang diinginkan. Dalam menu tersebut kita dapat memilih
desain kalender dll. sesuai bentuk yang tersedia.
1. Fungsi Icon yang ada di Group
Illustrations
Picture merupakan
perintah yang digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komuter atau
di media removable lainnya. Dengan ini kita dapat menyisipkan beberapa gambar
atau foto. Saat kita menggunakan perintah ini, kita akan masuk ke sebuah
jendela penjelajahan file untuk mengakses gambar di lokasi tertentu yang ingin
disisipkan ke lembar dokumen.
Clip
Art dapat kita gunakan untuk menyisipkan
gambar-gambar clip untuk tujuan ilustrasi yang berkaitan dengan tema yang
dibahas dalam dokumen. Di samping itu, gambar Clip Art dapat berfungsi sebagai
elemen pemanis dari dokumen yang sedang kita buat, tentunya sesuai dengan yang
tersedia di library program. Atau kita dapat download/mengunduhnya dari situs
resmi Microsoft Corporation. Contoh Clip Art yang tersedia:
Shapes digunakan
untuk menyisipkan sebuah objek geometris yang telah memiliki bentuk, seperti
segitiga, lingkaran, bintang, segi empat, dll. Bisa dibayangkan, betapa
sulitnya membuat gambar lingkaran dengan mengandalkan garis yang dibuat secara
manual. Namun fakta berkata sebaliknya karena adanya fasilitas Shape ini. Kita
dapat membuat objek lingkaran yang ideal dengan mudah,cukup menyisipkannya
melalui Shape tersebut. adapun pilhan pada menu ini tampak seperti dibawah ini:
SmartArt merupakan
fitur jelmaan Organization Chart di Word 2003 yang kini diamputasi di MS Word
2007 ini. Tak sekedar berubah nama. Siluman fitur 2003 ini memang sarat dengan
objek inovatif dengan sosok tiga dimensi sebagai andalan. SmartArt berisi fitur
untuk membuat gambar terstruktur yang lebih bersifat ilustratif. Kita bisa
membuat ilustrasi melalui fasilitas ini.
2. Fungsi Icon di Group Links
Hyperlink digunakan
untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain.Bahkan kita bisa
menautkan teks terpilih dengan bagian tertentu di situs web/blog.
Bookmark digunakan
untuk membuat penanda buku atau sebagai halaman favorit. Disini kita diminta
untuk melakukan setting terhadap file yang ingin dijadikan sebagai penanda buku
atau halaman favorit dari teks atau objek terpilih.
Cross-reference digunakan
untuk membuat referensi atau rujukan antar file. Dengan fasilitas ini kita
dapat membuat rujukan ke footnote atau endnote tertentu di suatu halaman.
3. Fungsi Icon di Group Header
Header
digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu
dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header
tersebut, kita dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat
beberapa format Header yang sudah built-in. sehingga kita dapat memilih salah
satunya yang sesuai.
Footer
digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di
bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti
halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga kita
tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan
Footer adalah, jika kita sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka
Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.
Page
Number digunakan untuk melakukan setting terhadap nomor pada setiap halaman
4. Fungsi Icon di Group Text
Text Box digunakan untuk menyisipkan
kotak yang dapat diisi dengan teks Quick Parts digunakan
untuk mengatur teks otomatis dll WordArt digunakan
untuk menyisipkan teks bergaya artistik Drop Cap digunakan
untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf Signature Line digunakan untuk menyisipkan tanda
tangan digital Date & Time digunakan
untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini Object digunakan untuk menyisipkan objek dengan
ekstensi OLE (Object Linking Embedded). Penjelasan lebih lengkapnya:
Text
Box berfungsi untuk menyisipkan kotak
teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut. dengan ini kita
tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text. Disini kita juga
bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah disisipkan.
Quick
Parts merupakan menu yang menyediakan
perintah-perintah, antara lain : (1) Autotext digunakan untuk mengatur teks
otomatis, (2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag,
dll] (3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset
sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks Organizer
digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5) Save Selection to
Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke
dalam Quick parts Gallery.
WordArt digunakan
untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini kita bisa
menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. Kita akan
diminta untuk memilih salah satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks
setelah terdapat perintah “Your Text here” dan dengan satu langkah lagi kita
sudah membuat teks dengan gaya dan efek yang fantastik.
Drop
Cap digunakan untuk menysipkan huruf kapital
dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi kita
disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
Signature
Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan
digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
Date
& Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu
terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini
kita tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan
hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah
ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object digunakan
untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga
dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah
ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
5. Fungsi Icon di Group Symbols
Equation: digunakan
untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, biasanya menu ini dapat kita gunakan
untuk pembuatan naskah soal-soal matematika.Tampilannya seperti dibawah
ini:
Symbol: digunakan
untuk menyisipkan sebuah karakter khusus .karakter dapat kita pilih sesuai
dengan yang kita butuhkan. Apabila kita klik pada icon ini maka akan Tampil
seperti gambar dibawah ini.
C. MENGENAL FUNGSI ICON PADA TAB PAGE LAYOUT
Tab
page layout adalah
menu yang terdapat di halaman microsoft office word. Atau lebih tepatnya
dihalaman tab microsoft word sesudah tab insert. Dan pada tab page layout
terdapat 5 group yaitu themes, page setup, page background, paragraph dan
arrange.
Jika di tab insert banyak sekali menu yang berfungsi untuk menyisipkan objek berbeda sekali dengan tab page layout yang berfungsi untuk tampilan halaman kerja yang nantinya akan kita cetak. Baiklah apa saja fungsi dari group-group tab page layout berikut penjelasanya:
Fungsi icon pada page layout group themes
Yang pertama adalah group themes. Kalau diartikan bahasa Indonesia themes artinya tema atau tampilan jadi sudah sangat jelas jika themes berkaitan dengan tampilan dokument yang sedang kita buat. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut.
Jika di tab insert banyak sekali menu yang berfungsi untuk menyisipkan objek berbeda sekali dengan tab page layout yang berfungsi untuk tampilan halaman kerja yang nantinya akan kita cetak. Baiklah apa saja fungsi dari group-group tab page layout berikut penjelasanya:
Fungsi icon pada page layout group themes
Yang pertama adalah group themes. Kalau diartikan bahasa Indonesia themes artinya tema atau tampilan jadi sudah sangat jelas jika themes berkaitan dengan tampilan dokument yang sedang kita buat. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut.
Penjelasan
gambar group themes
Themes berfungsi
untuk mengubah tema atau tampilan
Color di
gunakan untuk memilih warna tema
Fonts digunakan
untuk menentukan jenis font yang digunakan
Effects digunakan
untuk menentukan efek tulisan
Fungsi icon pada page layout group page setup
Group page setup ini berisi icon-icon yang berfungsi untuk mengatur jarak, Ada 7 icon di page setup. untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut
Penjelasan
gambar page setup
Margins berfungsi
untuk menentukan ukuran margin kanan kiri atas dan bawah tulisan
Orientation berfungsi
untuk menentukan kertas horizontal atau vertical
Size berfungsi
untuk menentukan ukuran size lembar kerja
Columns berfungsi
untuk menentukan jumlah kolom lembar kerja
Breaks berfungsi
untuk menentukan ukuran batas dari kolom ke kolom lainya.
Line
number berfungsi
untuk menambahkan nomor disetiap baris tulisan lembar kerja
Hyphenation berfungsi
untuk melakukan pengaturan tentang tanda hubung secara otomatis dan manual
Penjelasan fungsi icon pada page layout group page background
Jika di group page setup berfungsi untuk mengatur jarak, berbeda dengan group page background. Sudah sangat jelas dari nama group tersebut bahwa group page backround berkaitan dengan latar belakang lembar kerja. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut
|
Penjelasan
gambar page background
Watermark berfungsi
untuk mengubah menghapus gambar atau teks di belakang dokumen
Page
color berfungsi
untuk mengubak latar belakang lembar kerja dengan warna
Page
border berfungsi
untuk mengubah style atau gaya garis border
Penjelasan fungsi icon pada page layout group paragraph
Group paragraph berkaitan dengan pengaturan paragrap lembar kerja. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut
Penjelasan
gambar group paragraph
Inden
Left berfungsi
untuk mengatur ukuran jarak teks tepi kiri lembar kerja
Inden
Right berfungsi
untuk menentukan jarak teks dengan tepi kanan lembar kerja
Spacing
before berfungsi
untuk menentukan jarak antara teks bawah dengan teks yang berada di atas (satu
kalimat)
Spacing
After berfungsi
untuk menentukan jarak antara paragraf satu dengan
paragraf lainya
paragraf lainya
Penjelasan fungsi icon pada page layout group arrange
Dan yang terakhir adalah group Arrange, di group arrange mempunyai 6 icon yang fungsi dari masing-masing icon tersebut berkaitan dengan pengaturan posisi objek gambar, untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut ini
Penjelasan
gambar group arrange
Position berfungsi
untuk menentukan tata letak gambar yang sudah disipkan
Bring
to front berfungsi
untuk mengatur posisi objek lain dengan objek lainya
Send
to back berfungsi
untuk mengirim objek lain ke objek sebelumnya
Text
wrapping berfungsi
untuk meratakan teks dengan objek
Align berfungsi
untuk meluruskan objek gambar
Group berfungsi
untuk mengelompokan objek satu dengan yang lainya jika ingin menggunakan
pengaturan yang sama
Rotate berfungsi
untuk memutar gambar yang sudah disipkan
D. MENGENAL FUNGSI ICON PADA TAB REFERENCE
Icon
perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk
properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan.
Sebuah perbukuan yang bahenol perlu dilengkapi dengan atribut referensi yang
lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya semakin gagah perkasa. Tampaknya
tab Reference ini juga kompatibel bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang
cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan saudara-saudaranya). Bagi
teman-teman yang merasa calon sarjana mungkin perlu mengakrabkan diri dengan
tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yang sangat dituntut
untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.
Icon perintah
yang terdapat pada group Table of Contens terdiri dari 3 icon: Table of
Contens, Add Text, dan Update Table.
Menu Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan. Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan.
Menu Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan. Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan.
Perintah Add
Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya
sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat. tentu Anda tahu bahwa mesin
otomatis tidak selamanya dapat menjalankan tugas spesifik yang sangat detail.
Sehingga perlu adanya opsi yang memungkinkan user untuk melakukan customisasi
bila nantinya ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tak jarang, di
tengah penulisan, akan membaca sebuah alinea biasa sebagai judul. Di kasus
lain, Anda mungkin menghendaki sebuah judul untuk dimasukkan ke level 2
(subjudul) namun sistem justru menjadikannya sebagai judul (level 1). Sehingga
langkah kustomisasi tampaknya perlu dilakukan agar hasil pekerjaan sesuai
dengan yang diinginkan. Disinilah fungsi sebenarnya dari perintah ini. Bila
diklik, menu ini akan memunculkan pulldown yang terdiri dari beberapa opsi
pendukung sisipan tersebut. Anda bisa memilih, apakah mau disisipkan sebagai
judul (level 1), atau subjudul (level 2), dll.
Sedangkan
perintah Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi.
Adanya perubahan pada sebuah dokumen, misalnya saat Anda menghapus suatu judul
atau subjudul tidak secara otomatis mempengaruhi status daftar isi. Update
Table berfungsi untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan perubahan terkini
dalam dokumen.
Icon Perintah pada Group Footnotes
Umumnya, semua
icon perintah yang terdapat di group Footnotes ini pengelolaan
referensi tulisan. Group ini memiliki flyout di bagian kanan-bawahnya yang
berisi properti lebih detail seputar referensi dokumen. Group ini terdiri dari
4 icon perintah: (1) Insert Footnote, (2) Insert Endnote, (3) Next Footnote,
dan (4) Show Notes.
Insert
Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan
kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer). Suatu istilah
kadang merasa perlu untuk dijelaskan lebih detail untuk memunculkan pemahaman
yang konkrit, namun tidak mungkin dijelasakan dalam paragraf bahasan. Bila
dipaksa akan memutus alur bahasan itu sendiri. Sebagai alternatif, Anda
menyisipkan catatan kaki untuk menjelaskan lebih detail tentang istilah yang
dipakai. Aktifkan kursor di sebelah kanan kata yang dimaksud, lalu klik icon ini,
maka sistem akan membawa kursor ke bagian bawah halaman dan mempersilahkan Anda
menulis catatan kaki.
Berbeda dengan Footnote, Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab. Namun demikian, cara penggunaannya sama, bila perintah Endnote diklik, sistem akan membawa Anda pada akhir bab dan mempersihakan Anda untuk menuliskan catatan mengenai kata tertentu sesuai yang ditunjuk oleh kursor.
Berbeda dengan Footnote, Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab. Namun demikian, cara penggunaannya sama, bila perintah Endnote diklik, sistem akan membawa Anda pada akhir bab dan mempersihakan Anda untuk menuliskan catatan mengenai kata tertentu sesuai yang ditunjuk oleh kursor.
Sedangkan Next
Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini
memiliki down arrow. Bila diklik, akan muncul flyout yang berisi menu
seputar pemantauan footnote dan end note yang terdapat di seluruh file dokumen
aktif.
Icon
Show Notes digunakan untuk memperlihatkan
lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. Bila Anda mengaktifkan perintah ini,
maka sitem akan menampilkan letak catatan dari halaman dokumen yang sedang
aktif. Untuk menonaktifkan tampilan tersebut, klik sekali lagi icon perintah
Show Notes tersebut.
Icon Perintah pada Group Citation & Bibliography
Icon perintah
yang terdapat di group Citation & Bibliography digunakan
untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka. Group ini sangat membantu dalam
pengelolaan daftar kutipan dan daftar pustaka yang sering membingungkan kita
saat menggarap tulisan kompleks. Saat kita berusaha jujur dalam kutipan daftar
pustaka dari buku yang dikutip, malah kita dibuat bingung. “ini ngambil dari
buku mana, waduh saya lupa.” (he he he).
Di kasus lain,
seorang penulis masih perlu mencatat di buku khusus, namun nasib baik lagi
tidak memihak, buku yang tersimpan rapi, ternyata dibawa main sama anak
keduanya (hehehe.. nasib, nasib). Agar kasus ini terantisipasi, dan Anda tidak
perlu lagi selingkuh dengan buku catatan tradisional, group Citation &
Bibliography membantu Anda dalam pengelolaan ini. Group ini terdiri dari 4 icon
perintah: (1) Insert Citation, (2) Manage Source (3) Style, dan (4)
Bibliography.
Insert
Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan
langsung pada daerah kursor aktif. Dengan icon ini, Anda tidak melakukan
pemformatan secara tradisional. Tentukan letak kursor, klik icon ini, Anda akan
dihadapkan pada sejumlah opsi untuk keperluan menyisipkan kutipan.
Sedangkan icon Manage
Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin
sudah disisipkan di semua segmen file dokumen. Klik icon ini, Anda akan dibawa
untuk berkonsentrasi dengan pengaturan semua sumber kutipan yang disisipkan
tersebut.
Menu Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu membuat sendiri bentuk daftar pustaka yang mungkin kita belum memahaminya. Pilih format daftar pustaka disini dan rasakan kemudahan dalam memilih format daftar pustaka yang resmi.
Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional.
Menu Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu membuat sendiri bentuk daftar pustaka yang mungkin kita belum memahaminya. Pilih format daftar pustaka disini dan rasakan kemudahan dalam memilih format daftar pustaka yang resmi.
Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional.
Icon Perintah pada Group Captions
Group Captions
secara umum digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar atau
ilustrasi yang terdapat dalam dokumen. terdiri dari 4 icon perintah: (1)
Insert Caption, (2) Insert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4)
Cross-reference.
Insert
Caption digunakan untuk membubuhkan keterangan
seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan. Memang kita akui bahwa
gambar cukup membantu memperjelas suatu bahasan. Namun gambar tersebut juga
perlu diarahkan dengan sedikit keterangan seputar gambar tersebut. Bila tidak,
mungkin ada sedikit pergeseran pemahaman tentang gambar ilustrasi tersebut.
Bila dalam ilustrasi terapat cewek cantik, mungkin pembaca justru terpaku
dengan wajah cewek itu (termasuk saya, heheh). Mungkin tidak demikian bila kita
membubuhkan keterangan mengenai gambar itu.
Sedangkan icon Insert
Table of Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang
disisipkan ke dalam dokumen. Umumnya dalam perbukuan merasa perlu untuk
melakukan katalog mengenai gambar-gambar yang terdapat di buku, untuk
memudahkan pembaca dalam menavigasi seluruh gambar yang ada di sebuah buku.
Icon Insert Table of Figures digunakan untuk melakukan urusan tersebut.
Sehingga dengan mudah dapat membuat katalog gambar deskripsi di sebuah buku.
Icon Update
Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog
gambar. Perubahan di segmen gambar tidak serta-merta langsung mengubah katalog
yang sudah dimasukkan sebelumnya. Misal, kita menambah atau menghaps suatu
gambar ilustrasi. Kasus lain, nomor katalog gambar mungkin amburadul saat
menyisipkan gambar baru diantara gambar lainnya. Dengan icon Update Table
tersebut, sistem akan mengurutkan nomor katalog gambar tersebut.
Icon perintah Cross-reference
berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di
halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di catatan kaki. Namun bagaimana
bila hal itu harus diulang 100 kali? Disinilah fungsi sebenarnya dari icon
Cross-reference tersebut. Anda bisa merujukkannya ke footnote atau endnote di
halaman lainnya.
Icon Perintah pada Group Index
Group Index
secara umum berfungsi untuk pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku. Group
ini terdiri dari 3 icon perintah: (1) Mark Entry, (2) Insert Index,
dan (3) Update Index.
Mark
Entry digunakan untuk menandai masukan baru
dalam dokumen. Saat mengedit tulisan mungkin dihadapkan pada situasi dimana
Anda merasa perlu membedakan antara kata masukan yang baru dengan yang lama.
Icon perintah Mark Entry akan membantu Anda dalam pengelolaan seputar masukan
baru dalam sebuah dokumen. Dengan icon ini, entri kata yang baru akan ditandai
dengan warna tertentu sehingga dengan mudah Anda bisa membedakan antara masukan
kata yang sebelumnya dengan entri kata yang terbaru.
E. MENGENAL IOCON PADA TAB MAILINGS
1.
Group start mail marge terdiri
dari
Start mail marge : untuk
mambuat surat
Select recipient : untuk
memilih penerima surat
Edit recipient list : untuk
mengatur penerimaan surat
2.
Group write dan insert fields
terdiri dari
Highling merge fields :
untuk menyisipkan dokumen
Address block : untuk
pemilihan alamat surat
Greeting line : untuk
menambahkan baris ucapan
Insert marge fields :
untuk menyisipkan dan mengggabungkan surat
Rules : untuk memberkan
garis pada surat
Match fields : untuk
membandingkan surat
Update labels : untuk
memperbarui label surat
3.
Group preview result terdiri
dari
Preview result : untuk
melihat hasil
Find recipient : untuk
mencari penerima
Auto chenck for error :
untuk memeriksa kesalahan secara otomatis
4.
Fifish terdiri dari
Finish dan merge : selesai
menggunakan fasilitas mailing.
F. MENGENAL ICON PADA
TAB REVIEW
Group Proofing
Spelling & Grammar : untuk
membetulkan ejaan & tatabahasa dalam lembar kerja atau F7.
Research : untuk meneliti bahasa,
kamus, ejaan, dan lain-lain yang ada pada hasil kerja tersebut atau Alt+Click.
Thesaurus : untuk mencari persamaan
kata yang dipilih atau Shift+F7.
Translate : untuk menggantikan
kalimat yang dipilih ke dalam bahasa lain.
Group Comments
New Commet : untuk menambah komen
baru dari kalimat yang terpilih.
Delete : untuk menghapus komen yang
terpilih.
Previous : untuk melihat komen yang
sebelumnya.
Next : untuk melihat komen yang
selanjutnya.
Group Tracking
Track Changes : untuk mengubah hasil
kerja yang telah dibuat, seperti menghapus, memformat, dll atau Ctrl+Shift+E.
Balloons : untuk memilih atau
melihat hasil kerja yang telah direvisi.
Group Changes
Accept : menerima perubahan baru dan
mengusulkan perubahan selanjutnya.
Reject : menolak perubahan baru dan
mengusulkan perubahan selanjutnya.
Group Compare
Compare : mengkombinasikan berbagai
versi dari dokumen.
Group Protect
Protect Document : untuk melindungi
hasil kerja sebagai hasil persendirian (privacy).
G. MENGENAL ICON TAB PADA VIEW
1.
Group Document View terdiri
dari
Print layout : untuk
melihat hasil kerja yang akan di cetak
Full screen reding :
untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
Web layout : untuk melihat
hasil kerja di web
Outline view : untuk melihat hasil
kerja sesuai dengan hasil urutan atau bagan
Draft view : untuk
melihat hasil kerja sesuai dengan konsep, sehingga jika salah cepat di benarkan
2.
Group show/hide terdiri dari
Ruler : untuk menampilkan
penggaris yang digunakan untuk mengukur dokumen
Gridlines : untuk
menghidupkan gridlines yang dapat menyelaraskn objek dalam dokumen
Dokumen map : untuk membuka
peta dokumen yang memungkinkan menavigasi melalui pandangan structural pada
dokumen
Humbnails : untuk
manavigasi dokumen yang panjang melali gambar setiap halaman
3.
Group zoom terdiri dari
Zoom : untuk memperbasar
tmpilan
100% : untuk meperbesar hasil
lembar kerja ke ukuran normal
One page : untuk
melihat lebar kerja ke dalam satu halaman penuh
Two page : untuk mlihat
lembar hasil kerja ke dalam dua halaman penuh
Page width : untuk melihat
hasil lembar kerja sesuai dengan halaman
4.
Group window terdiri dari
New
window : untuk membuka jendela
berdampingan
Arrange
all : untuk mengatur semua jendela
program sejajar berdampingan
View
side by scrolling : untuk
membuat jendela menggulung bersamaan
Synchronous
scrolling : untuk menset ulang
posisi jendela berdampingan
Switch
window : untuk mengalihkan
sebuah bermacam termasuk membuat jenndela
5.
Group macros
Untuk merekam sebuah makro atau menerima pengaturan makro lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar