Entri yang Diunggulkan

PERANAN KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN

MAKALAH :   KOMPUTER 1 PERANAN KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN Dosen Pengampu : Dra. Arnita, S.Pd. M.Si Disusun Ol...

Rabu, 07 Desember 2016

PEMBAHASAN MENGENAI ICON PADA MICROSOF WORD 2007



Keterampilan Bahasa Produktif Berbicara
PEMBAHASAN MENGENAI ICON PADA MICROSOF WORD
2007
Dosen Pengampu : Dra. Rosdiana Siregar, M.Pd.
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 1
REGULER B 2016
1.  Dinda Delfi Asyifa
2.  Vivi Sulastri
3.  Sukma Wati
4.  Yola Ayu Ningtias
5.  Yusdiantina


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/1a/Logo_FBS_UNIMED.jpg
 






PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEVER MEDAN
2016


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala berkat- NYA sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat bermanfaatkan untuk mendapatkan wawasan mengenai icon-icon pada microsof word.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

Medan, 21 November 2016

                                        Kelompok 1  












https://html1-f.scribdassets.com/5xbfa238cg4btaqj/images/2-28239e1d81.jpg

Office Button
https://sulpa.files.wordpress.com/2011/09/office-button.png
Nama Icon
Keterangan
New
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
Open
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
Save
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
Save As
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
Print
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
Prepare
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
Send
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
Publish
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
Close
digunakan untuk menutup file dokumen aktif
A. Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home
1.Clip Board
https://sulpa.files.wordpress.com/2011/09/clippboard.png
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
2.Group Font
https://sulpa.files.wordpress.com/2011/09/font.png
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
3. Group Paragraph
https://sulpa.files.wordpress.com/2011/09/paragraph.png
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center : untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
4. Group Styles
https://sulpa.files.wordpress.com/2011/09/styles.png
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

5. Group Editing
https://sulpa.files.wordpress.com/2011/09/editing.png
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file.

B. MENGENAL FUNGSI ICON PADA TAN INSERT

Tab Insert biasanya digunakan untuk menyisipkan sebuah objek ke dalam dokumen yang sedang kita buat. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, atau sebuah karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, kita bisa menyisipkan link ke dalam file yang berada di luar dokumen, bahkan dapat terhubung langsung ke internet.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEja1GRPr2dGiRM7X5gAKznWiTF6eeFDHAbaCRba19a-Drafa6vG06182272WElXQoDdtNNdUMFjqc59ozNcfia-iA5tREWhfLL_BRFqPDBjEokhgAfuGY5yA_ZqMdTcfhlYEYtnehN84ts_/s1600/insert.jpg
Secara umum perintah yang terdapat pada Ribbon / Menu Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di menu ini adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing group yang terdapat pada menu Insert

1.    Fungsi Icon yang ada di Group Pages
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1-NAUN3aa9xzpkXgJj1nuroxr2wp2-qx74Edbk4QPuXTynvtRH5KEUAl202LLOfmCdsYbKGjE8b3SzXy1Sq6b8lLBZjlvjFxQLIbGvCMgtXA1VWtTCdl1_54_aYbGaq5LX3jd-yvCnkZ0/s1600/tab-insert-pages.JPG
o             Cover Page digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
o             Blank Page untuk menyisipkan/membuat halaman baru dalam suatu file dokumen
o             Break Page untuk memisah suatu halaman file dokumen
Cover Page dibutuhkan saat kita ingin membuat halaman sampul dari suatu file yang sedang digarap, merupakan fitur terbaru Microsoft Word 2007 yang . Kita bisa memilih bentuk sampul serta melakukan setting seperlunya, jadilah halaman sampul yang formal tanpa mengurangi nilai estetika.
Blank Page digunakan untuk membuat halaman baru. Ini sangat membantu kita saat mengelola dokumen harus pindah ke halaman baru. Jadi kita tidak perlu menekan Enter ratusan kali untuk mendapatkan halaman baru. Ini sesuai dengan visi Microsoft Word 2007 seabgai aplikasi perkantoran yang simpel, praktis dan juga efisien.
2.      Fungsi Icon yang ada di Group Tables
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi75bmj22wCQkejLf6i90HTAd57gwoHydjvGJPBscaskZFMwJr5TDeECJc8X5IzxFbhwv0Ks8Prippke2PgLLyTHRki3Vp3JsDzRMLhnZ1pR1460G2J9PEjluqf28xLeOmaS1gNRK3CLJKY/s1600/tab-insert-tables.jpg 

Sedangkan Break Page sangat dibutuhkan terutama saat kita ingin memisahkan beberapa paragraf menjadi dua halaman. sebagai contoh, dalam suatu dokumen teridiri dari 4 paragraf dalam satu halaman saja, terus kita ingin menjadikannya sebagai dua halaman, maka kita cukup meletakkan kursor di bagian akhir paragraf yang ingin dijadikan halaman pertama, klik icon Break page. Maka paragraf tadi akan berpindah ke halaman berikutnya.
Insert Table ini dapat kita gunakan untuk menyisipkan sebuah tabel melalui dialog box. Kita hanya menentukan jumlah kolom ke samping di area Number of Columns serta mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan jumlah kotak ke bawahnya. Disini jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi kita dapat menyisipkan tabel sepuasnya melalui perintah ini. 
Draw Table berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan menggambar secara manual di area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer mouse langsung berupa menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk membuat gambar tabel berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis lurus namun tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila kita membuat garis ini secara berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat akan menjadi area dalam suatu tabel.
Convert Text to Table digunakan untuk mengkonversi atau mengubah paragraf terpilih menjadi berbentuk tabel. Disini program berjalan secara stereotip. Program hanya melihat adanya jejak tombol Tab dan Enter di keyboard. Bila hanya ada dua paragraf yang terseleksi maka hasilnya hanya ada dua kotak atas-bawah. Apabila teks yang terseleksi terdiri dari dua paragraf yang spasinya menggunakan tab, maka hasilnya terdapat dua kolom ke samping dan dua baris ke bawah. 
Excel Spreadsheet digunakan untuk menyisipkan tabel dengan format lembar kerja Excel. dengan fitur ini kita dapat memasukkan rumus fungsi layaknya di lembar kerja Excel. Jadi, kita dapat menghadirkan spesifikasi Excel biarpun sebenarnya sedang bekerja di aplikasi word processor. 
Quick Tables… berfungsi untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010 ini. Kita dipersilahkan untuk memilih jenis dan tema tabel yang diinginkan. Dalam menu tersebut kita dapat memilih desain kalender dll. sesuai bentuk yang tersedia.
1.    Fungsi Icon yang ada di Group Illustrations
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEje3L3rqdrKs4OMCI7rONqJjKJ1t-YfCq1JYi8V3pCY8vOR6cPAt6dQ3EbEUSGnRma17vVk7tmxepWmakJhjhuhy4npbkv8tbMqFOR3WoDWpLhC0geWLO2CbyvLkWaaU6pukQhFq45BI_1H/s320/tab-insert-illustrations.JPG
Picture merupakan perintah yang digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komuter atau di media removable lainnya. Dengan ini kita dapat menyisipkan beberapa gambar atau foto. Saat kita menggunakan perintah ini, kita akan masuk ke sebuah jendela penjelajahan file untuk mengakses gambar di lokasi tertentu yang ingin disisipkan ke lembar dokumen.
Clip Art dapat kita gunakan untuk menyisipkan gambar-gambar clip untuk tujuan ilustrasi yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam dokumen. Di samping itu, gambar Clip Art dapat berfungsi sebagai elemen pemanis dari dokumen yang sedang kita buat, tentunya sesuai dengan yang tersedia di library program. Atau kita dapat download/mengunduhnya dari situs resmi Microsoft Corporation. Contoh Clip Art yang tersedia:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiR0yXKf19O4XVRkWdxQPVqst-sMRWCYGubYpOWl4SoidJldxGX2JbZK0F0pGDEH0CfTeVh0zLVEA-7lxzD6Xlz57yeCJbSiXefIl_-XSV1w9SI-gJtzZ0XRwVAuFOoevOaqhX63OUOB87/s1600/clip+art.JPG
Shapes digunakan untuk menyisipkan sebuah objek geometris yang telah memiliki bentuk, seperti segitiga, lingkaran, bintang, segi empat, dll. Bisa dibayangkan, betapa sulitnya membuat gambar lingkaran dengan mengandalkan garis yang dibuat secara manual. Namun fakta berkata sebaliknya karena adanya fasilitas Shape ini. Kita dapat membuat objek lingkaran yang ideal dengan mudah,cukup menyisipkannya melalui Shape tersebut. adapun pilhan pada menu ini tampak seperti dibawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDW0oUMmj8W_A_sc5IvefRJ54B4Eu0_nVrxTki_-9_J_wzvVil1oLbP2hg7uoMBWKqwasmr0gDKchy8XZssmCsaxjcZFboSwtSOJ8YXnQci0iS0lxEcpxRkH31Wrh_jyztsX4zfyK28KIz/s1600/shapes.jpg
SmartArt merupakan fitur jelmaan Organization Chart di Word 2003 yang kini diamputasi di MS Word 2007 ini. Tak sekedar berubah nama. Siluman fitur 2003 ini memang sarat dengan objek inovatif dengan sosok tiga dimensi sebagai andalan. SmartArt berisi fitur untuk membuat gambar terstruktur yang lebih bersifat ilustratif. Kita bisa membuat ilustrasi melalui fasilitas ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg469CFOrbASX8bOrlWCAvdAie7nx5m5Q9-geYRL224eBdnvpO9skweuV_tJtTqNgSy6uQO8c-taxQnFtfw9_XGpkC_GP8bKbXW9gyLLe972gb5QR03Hf0CWSKS3V8Tz0oOGNSwuh_9HX27/s1600/smart+art.jpg
2.    Fungsi Icon di Group Links
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNI6nhCex6kFxJ-wxAmPWBY4QT_V8uoSTmA3OzSgfrWyLYMRsidQ-bUeqmO68xsFNVuWOQNPHpLdBO8xP5BzyXA7LMBhu7E_gWTcF-q5vnUGOLInRuUr1TaPcSYRayCh9Z2oYYzXEOBuIl/s320/tab-insert-links.JPG
Hyperlink digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain.Bahkan kita bisa menautkan teks terpilih dengan bagian tertentu di situs web/blog.
Bookmark digunakan untuk membuat penanda buku atau sebagai halaman favorit. Disini kita diminta untuk melakukan setting terhadap file yang ingin dijadikan sebagai penanda buku atau halaman favorit dari teks atau objek terpilih.
Cross-reference digunakan untuk membuat referensi atau rujukan antar file. Dengan fasilitas ini kita dapat membuat rujukan ke footnote atau endnote tertentu di suatu halaman.
3.    Fungsi Icon di Group Header 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghR7Kvt2NTw1pL5Y1XZCXGv_wC2hq8jhaoagR71jXakA8A3oUQxEoC1JGMw9lKkFcWm9CDTr6vR-NAcDLuOxVUpiUiooS1Ti36_1XcsWzKSnEe5htK-tCemCPD8aFu5CQQNxNufc3_JgrT/s320/tab-insert-header-and-footer.jpg
Header digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, kita dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah built-in. sehingga kita dapat memilih salah satunya yang sesuai.
Footer digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga kita tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah, jika kita sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.
Page Number digunakan untuk melakukan setting terhadap nomor pada setiap halaman
4.    Fungsi Icon di Group Text
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3OLP6GDqDVoKvas-CptlKzL21l1_yZONU5iXZLTx29LRPwC4oJ_rIR90njmjzNKfh187fIMRjsVcgCvrml2hnzPCKpEh01bUxGkHF-9FxBL5d8OLIB-gjCuPDpZjwSArN58vZGn9f8cG3/s1600/tab-insert-text.JPG
Text Box digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks Quick Parts digunakan untuk mengatur teks otomatis dll  WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik  Drop Cap digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf Signature Line digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital  Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini  Object digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded). Penjelasan lebih lengkapnya:
Text Box berfungsi untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut. dengan ini kita tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text. Disini kita juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah disisipkan.
Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain : (1) Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis, (2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag, dll] (3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5) Save Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini kita bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. Kita akan diminta untuk memilih salah satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks setelah terdapat perintah “Your Text here” dan dengan satu langkah lagi kita sudah membuat teks dengan gaya dan efek yang fantastik.
Drop Cap digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi kita disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini kita tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
5.    Fungsi Icon di Group Symbols
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEip3Ct9PpwMldizU74As4S2RtErL4SVJvVwXpssL7-M65a_Nle2bvJk0RyDnpI5KQ0Ngmr41TTk9fb2fAKfvw_dH9Nk_g85SjV2QoMS9CaHu6lHuYCrwQAi5gqrm6LUg164G_4KWVOSmfVS/s320/tab-insert-symbols.JPG
Equation: digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, biasanya menu ini dapat kita gunakan untuk pembuatan naskah soal-soal matematika.Tampilannya seperti dibawah ini: 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6nUrXBiVTRvYvliEndEhIw66in9aXxcdbx6HHWSzUBzNEOZgWIqyfOJ-riYBqGA07okRpOqhePwJOjkftdl6aVbBVt28Gzb5Pobc-TFANSkg1ySLNAZOlZrZTIOlGlo3h36gphlgDhTEF/s1600/equation.JPG

Symbol: digunakan untuk menyisipkan sebuah karakter khusus .karakter dapat kita pilih sesuai dengan yang kita butuhkan. Apabila kita klik pada icon ini maka akan Tampil seperti gambar dibawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZ5nRVBPnP2C9UHBjup8DjQe8GWBQ5j18B5dH5hCmoq5TCNH6aQz0BQsyPY_K9b0DYhM3PL5v7R3WROpQ9D87b30SHnsRO-SuTlcgZolFsriq69hRuITFdczPHk2upTHu6tFiFoZlIYXsH/s1600/symbol.jpg


C. MENGENAL FUNGSI ICON PADA TAB PAGE LAYOUT
Tab page layout adalah menu yang terdapat di halaman microsoft office word. Atau lebih tepatnya dihalaman tab microsoft word sesudah tab insert. Dan pada tab page layout terdapat 5 group yaitu themes, page setup, page background, paragraph dan arrange.

Jika di tab insert banyak sekali menu yang berfungsi untuk menyisipkan objek berbeda sekali dengan tab page layout yang berfungsi untuk tampilan halaman kerja yang nantinya akan kita cetak. Baiklah apa saja fungsi dari group-group tab page layout berikut penjelasanya:

Fungsi icon pada page layout group themes
Yang pertama adalah group themes. Kalau diartikan bahasa Indonesia themes artinya tema atau tampilan jadi sudah sangat jelas jika themes berkaitan dengan tampilan dokument yang sedang kita buat. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut.
Fungsi icon pada page layout group themes
Gambar group themes

Penjelasan gambar group themes
Themes berfungsi untuk mengubah tema atau tampilan
Color di gunakan untuk memilih warna tema
Fonts digunakan untuk menentukan jenis font yang digunakan
Effects digunakan untuk menentukan efek tulisan

Fungsi icon pada page layout group page setup
Group page setup ini berisi icon-icon yang berfungsi untuk mengatur jarak, Ada 7 icon di page setup. untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut


Fungsi icon pada page layout group page setup
 






Penjelasan gambar page setup
Margins berfungsi untuk menentukan ukuran margin kanan kiri atas dan bawah tulisan
Orientation berfungsi untuk menentukan kertas horizontal atau vertical
Size berfungsi untuk menentukan ukuran size lembar kerja
Columns berfungsi untuk menentukan jumlah kolom lembar kerja
Breaks berfungsi untuk menentukan ukuran batas dari kolom ke kolom lainya.
Line number berfungsi untuk menambahkan nomor disetiap baris tulisan lembar kerja
Hyphenation berfungsi untuk melakukan pengaturan tentang tanda hubung secara otomatis dan manual

Penjelasan fungsi icon pada page layout group page background
Jika di group page setup berfungsi untuk mengatur jarak, berbeda dengan group page background. Sudah sangat jelas dari nama group tersebut bahwa group page backround berkaitan dengan latar belakang lembar kerja. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut




Penjelasan gambar page background

Penjelasan fungsi icon pada page layout group page background

Watermark berfungsi untuk mengubah menghapus gambar atau teks di belakang dokumen
Page color berfungsi untuk mengubak latar belakang lembar kerja dengan warna
Page border berfungsi untuk mengubah style atau gaya garis border

Penjelasan fungsi icon pada page layout group paragraph
Group paragraph berkaitan dengan pengaturan paragrap lembar kerja. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut 
Penjelasan fungsi icon pada page layout group paragraph
Gambar group paragraph
Penjelasan gambar group paragraph
Inden Left berfungsi untuk mengatur ukuran jarak teks tepi kiri lembar kerja
Inden Right berfungsi untuk menentukan jarak teks dengan tepi kanan lembar kerja
Spacing before berfungsi untuk menentukan jarak antara teks bawah dengan teks yang berada di atas (satu kalimat)
Spacing After berfungsi untuk menentukan jarak antara paragraf satu dengan 
paragraf lainya

Penjelasan fungsi icon pada page layout group arrange
Dan yang terakhir adalah group Arrange, di group arrange mempunyai 6 icon yang fungsi dari masing-masing icon tersebut berkaitan dengan pengaturan posisi objek gambar, untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut ini
Penjelasan fungsi icon pada page layout group arrange
Gambbar group arrange
 Penjelasan gambar group arrange
Position berfungsi untuk menentukan tata letak gambar yang sudah disipkan
Bring to front berfungsi untuk mengatur posisi objek lain dengan objek lainya
Send to back berfungsi untuk mengirim objek lain ke objek sebelumnya
Text wrapping berfungsi untuk meratakan teks dengan objek
Align berfungsi untuk meluruskan objek gambar
Group berfungsi untuk mengelompokan objek satu dengan yang lainya jika ingin menggunakan pengaturan yang sama
Rotate berfungsi untuk memutar gambar yang sudah disipkan

D. MENGENAL FUNGSI ICON PADA TAB REFERENCE
Icon perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan. Sebuah perbukuan yang bahenol perlu dilengkapi dengan atribut referensi yang lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya semakin gagah perkasa. Tampaknya tab Reference ini juga kompatibel bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan saudara-saudaranya). Bagi teman-teman yang merasa calon sarjana mungkin perlu mengakrabkan diri dengan tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yang sangat dituntut untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.
references tab
Icon Perintah pada Group Table of Contens
reference table of contens
Icon perintah yang terdapat pada group Table of Contens terdiri dari 3 icon: Table of Contens, Add Text, dan Update Table.
Menu Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan. Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan.
Perintah Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat. tentu Anda tahu bahwa mesin otomatis tidak selamanya dapat menjalankan tugas spesifik yang sangat detail. Sehingga perlu adanya opsi yang memungkinkan user untuk melakukan customisasi bila nantinya ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tak jarang, di tengah penulisan, akan membaca sebuah alinea biasa sebagai judul. Di kasus lain, Anda mungkin menghendaki sebuah judul untuk dimasukkan ke level 2 (subjudul) namun sistem justru menjadikannya sebagai judul (level 1). Sehingga langkah kustomisasi tampaknya perlu dilakukan agar hasil pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Disinilah fungsi sebenarnya dari perintah ini. Bila diklik, menu ini akan memunculkan pulldown yang terdiri dari beberapa opsi pendukung sisipan tersebut. Anda bisa memilih, apakah mau disisipkan sebagai judul (level 1), atau subjudul (level 2), dll.
Sedangkan perintah Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen, misalnya saat Anda menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis mempengaruhi status daftar isi. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.
 Icon Perintah pada Group Footnotes
Umumnya, semua icon perintah yang terdapat di group Footnotes ini pengelolaan referensi tulisan. Group ini memiliki flyout di bagian kanan-bawahnya yang berisi properti lebih detail seputar referensi dokumen. Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Footnote, (2) Insert Endnote, (3) Next Footnote, dan (4) Show Notes.
reference footnotes
Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer). Suatu istilah kadang merasa perlu untuk dijelaskan lebih detail untuk memunculkan pemahaman yang konkrit, namun tidak mungkin dijelasakan dalam paragraf bahasan. Bila dipaksa akan memutus alur bahasan itu sendiri. Sebagai alternatif, Anda menyisipkan catatan kaki untuk menjelaskan lebih detail tentang istilah yang dipakai. Aktifkan kursor di sebelah kanan kata yang dimaksud, lalu klik icon ini, maka sistem akan membawa kursor ke bagian bawah halaman dan mempersilahkan Anda menulis catatan kaki.
Berbeda dengan Footnote, Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab. Namun demikian, cara penggunaannya sama, bila perintah Endnote diklik, sistem akan membawa Anda pada akhir bab dan mempersihakan Anda untuk menuliskan catatan mengenai kata tertentu sesuai yang ditunjuk oleh kursor.
Sedangkan Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki down arrow. Bila diklik, akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan footnote dan end note yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.
Icon Show Notes digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. Bila Anda mengaktifkan perintah ini, maka sitem akan menampilkan letak catatan dari halaman dokumen yang sedang aktif. Untuk menonaktifkan tampilan tersebut, klik sekali lagi icon perintah Show Notes tersebut.
Icon Perintah pada Group Citation & Bibliography
Icon perintah yang terdapat di group Citation & Bibliography digunakan untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka. Group ini sangat membantu dalam pengelolaan daftar kutipan dan daftar pustaka yang sering membingungkan kita saat menggarap tulisan kompleks. Saat kita berusaha jujur dalam kutipan daftar pustaka dari buku yang dikutip, malah kita dibuat bingung. “ini ngambil dari buku mana, waduh saya lupa.” (he he he).
reference citation & bibliography
Di kasus lain, seorang penulis masih perlu mencatat di buku khusus, namun nasib baik lagi tidak memihak, buku yang tersimpan rapi, ternyata dibawa main sama anak keduanya (hehehe.. nasib, nasib). Agar kasus ini terantisipasi, dan Anda tidak perlu lagi selingkuh dengan buku catatan tradisional, group Citation & Bibliography membantu Anda dalam pengelolaan ini. Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Citation, (2) Manage Source (3) Style, dan (4) Bibliography.
Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif. Dengan icon ini, Anda tidak melakukan pemformatan secara tradisional. Tentukan letak kursor, klik icon ini, Anda akan dihadapkan pada sejumlah opsi untuk keperluan menyisipkan kutipan.
Sedangkan icon Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen. Klik icon ini, Anda akan dibawa untuk berkonsentrasi dengan pengaturan semua sumber kutipan yang disisipkan tersebut.
Menu Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu membuat sendiri bentuk daftar pustaka yang mungkin kita belum memahaminya. Pilih format daftar pustaka disini dan rasakan kemudahan dalam memilih format daftar pustaka yang resmi.
Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional.
Icon Perintah pada Group Captions
Group Captions secara umum digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar atau ilustrasi yang terdapat dalam dokumen. terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Caption, (2) Insert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4) Cross-reference.
reference caption
Insert Caption digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan. Memang kita akui bahwa gambar cukup membantu memperjelas suatu bahasan. Namun gambar tersebut juga perlu diarahkan dengan sedikit keterangan seputar gambar tersebut. Bila tidak, mungkin ada sedikit pergeseran pemahaman tentang gambar ilustrasi tersebut. Bila dalam ilustrasi terapat cewek cantik, mungkin pembaca justru terpaku dengan wajah cewek itu (termasuk saya, heheh). Mungkin tidak demikian bila kita membubuhkan keterangan mengenai gambar itu.
Sedangkan icon Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen. Umumnya dalam perbukuan merasa perlu untuk melakukan katalog mengenai gambar-gambar yang terdapat di buku, untuk memudahkan pembaca dalam menavigasi seluruh gambar yang ada di sebuah buku. Icon Insert Table of Figures digunakan untuk melakukan urusan tersebut. Sehingga dengan mudah dapat membuat katalog gambar deskripsi di sebuah buku.
Icon Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar. Perubahan di segmen gambar tidak serta-merta langsung mengubah katalog yang sudah dimasukkan sebelumnya. Misal, kita menambah atau menghaps suatu gambar ilustrasi. Kasus lain, nomor katalog gambar mungkin amburadul saat menyisipkan gambar baru diantara gambar lainnya. Dengan icon Update Table tersebut, sistem akan mengurutkan nomor katalog gambar tersebut.
Icon perintah Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di catatan kaki. Namun bagaimana bila hal itu harus diulang 100 kali? Disinilah fungsi sebenarnya dari icon Cross-reference tersebut. Anda bisa merujukkannya ke footnote atau endnote di halaman lainnya.
Icon Perintah pada Group Index
Group Index secara umum berfungsi untuk pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku. Group ini terdiri dari 3 icon perintah: (1) Mark Entry, (2) Insert Index, dan (3) Update Index.
reference index
Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen. Saat mengedit tulisan mungkin dihadapkan pada situasi dimana Anda merasa perlu membedakan antara kata masukan yang baru dengan yang lama. Icon perintah Mark Entry akan membantu Anda dalam pengelolaan seputar masukan baru dalam sebuah dokumen. Dengan icon ini, entri kata yang baru akan ditandai dengan warna tertentu sehingga dengan mudah Anda bisa membedakan antara masukan kata yang sebelumnya dengan entri kata yang terbaru.

E. MENGENAL IOCON PADA TAB MAILINGS

https://html2-f.scribdassets.com/5xbfa238cg4btaqj/images/14-8e04c6f9d8.jpg 




1.      Group start mail marge terdiri dari
Start mail marge  : untuk mambuat surat
Select recipient    : untuk memilih penerima surat
Edit recipient list : untuk mengatur penerimaan surat
2.      Group write dan insert fields terdiri dari
Highling merge fields      : untuk menyisipkan dokumen
Address block     : untuk pemilihan alamat surat
Greeting line        : untuk menambahkan baris ucapan
Insert marge fields          : untuk menyisipkan dan mengggabungkan surat
Rules       : untuk memberkan garis pada surat
Match fields        : untuk membandingkan surat
Update labels      : untuk memperbarui label surat
3.      Group preview result terdiri dari
Preview result      : untuk melihat hasil
Find recipient      : untuk mencari penerima
Auto chenck for error      : untuk memeriksa kesalahan secara otomatis
4.      Fifish terdiri dari
Finish dan merge : selesai menggunakan fasilitas mailing.

F. MENGENAL ICON PADA TAB REVIEW
Group Proofing
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjV0NeSg5v0wdWTehbJkI6wYnz5xWqkuczamY9Au6hYqiWCeeJR992nYLq4TEAtdvAONusN20y9JHrVx5EcfbLYf1yywuFwH9dkKb68a3fBX0czSM6QIYbrqMtbh6KsfpboqCHs8ibpR3Y/s1600/35.jpg
Spelling & Grammar : untuk membetulkan ejaan & tatabahasa dalam lembar kerja atau F7.
Research : untuk meneliti bahasa, kamus, ejaan, dan lain-lain yang ada pada hasil kerja tersebut atau Alt+Click.
Thesaurus : untuk mencari persamaan kata yang dipilih atau Shift+F7.
Translate : untuk menggantikan kalimat yang dipilih ke dalam bahasa lain.
Group Comments
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBdBiOSt7VFZyHBh6z6ac6k5gaRv6yDEPhH-6npA2RRciXniOGHnVUON_2Ab-T-oxaaSdK2GsMFcOynjk1axSObeLSrVfA-vAgmlR_jYwEjZYA6LDWDHWlcgm28G6iBmGAB7oORbvT4UA/s1600/36.jpg
New Commet : untuk menambah komen baru dari kalimat yang terpilih.
Delete : untuk menghapus komen yang terpilih.
Previous : untuk melihat komen yang sebelumnya.
Next : untuk melihat komen yang selanjutnya.

Group Tracking
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCBAAZdYSQAnv5-TTq3KxGJeuudLaTLIT4o_au3vIxsM7vE7ZEIf_A-bwgB3Gq63Cfjwl1wCZxmtPR5YCTLl2v8wwDt7rofB6dOOIdvlZFP0uy2XmWrr_wTS_i2OeSdLlZEJMAyJ5PKBo/s1600/37.jpg
Track Changes : untuk mengubah hasil kerja yang telah dibuat, seperti menghapus, memformat, dll atau Ctrl+Shift+E.
Balloons : untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi.
Group Changes  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8slBpCngcKljxAWwT15Oagj32hnXNrRBdKsH56PRMpm3wNbWfh_UcnuArD6lC8WeldY071FGBZgJ0GamRU4P5BegR35qfSGJeODBc-q3Mj_NEtCNJkPSZqueHAi_VBDYchFauW7_m5JA/s1600/38.jpg
Accept : menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya.
Reject : menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya.
Group  Compare
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjC7h_Xbc4dY9ccfMohu6oQstXVl198lITSo4xR_eLmdS3XtetexbvwEI-uGXoTu6n_qcs7TwU_xOnYipDHavfxBI7fc9ezwRD20tbL9_ULKSQQU49cDPqOnXEYFTs75SbB7I6o37ucjLc/s1600/39.jpg
Compare : mengkombinasikan berbagai versi dari dokumen.

Group Protect
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiemr0Sw4j9oJWczKHo1HL-hCGHjfEMJy4_S4rttoBkoKomuIUuMTGtd5Ulus5zfezuw6a4U6Dh-3J1P-7FE948wHN1WiAf5d_t5IDsRRQ_XpmLNLPlwJqQmQJInjnUCxTBOr3MP9ydRuw/s1600/40.jpg
Protect Document : untuk melindungi hasil kerja sebagai hasil persendirian (privacy).
G. MENGENAL ICON TAB PADA VIEW


https://html1-f.scribdassets.com/5xbfa238cg4btaqj/images/18-b5f065cc9a.jpg
 




1.      Group Document View terdiri dari
Print layout     : untuk melihat hasil kerja yang akan di cetak
Full screen reding        : untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
Web layout      : untuk melihat hasil kerja di web
Outline view   : untuk melihat hasil kerja sesuai dengan hasil urutan atau bagan
Draft view       : untuk melihat hasil kerja sesuai dengan konsep, sehingga jika salah cepat di benarkan
2.      Group show/hide terdiri dari
Ruler   : untuk menampilkan penggaris yang digunakan untuk mengukur dokumen
Gridlines         : untuk menghidupkan gridlines yang dapat menyelaraskn objek dalam dokumen
Dokumen map : untuk membuka peta dokumen yang memungkinkan menavigasi melalui pandangan structural pada dokumen
Humbnails       : untuk manavigasi dokumen yang panjang melali gambar setiap halaman
3.      Group zoom terdiri dari
Zoom   : untuk memperbasar tmpilan
100%   : untuk meperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
One page         : untuk melihat lebar kerja ke dalam satu halaman penuh
Two page        : untuk mlihat lembar hasil kerja ke dalam dua halaman penuh
Page width      : untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan halaman
4.      Group window terdiri dari
New window  : untuk membuka jendela berdampingan
Arrange all      : untuk mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
View side by scrolling            : untuk membuat jendela  menggulung bersamaan
Synchronous scrolling             : untuk menset ulang posisi jendela berdampingan
Switch window           : untuk mengalihkan sebuah bermacam termasuk membuat jenndela
5.      Group macros
Untuk merekam sebuah makro atau menerima pengaturan makro lainnya.




DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar