Entri yang Diunggulkan

PERANAN KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN

MAKALAH :   KOMPUTER 1 PERANAN KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN Dosen Pengampu : Dra. Arnita, S.Pd. M.Si Disusun Ol...

Rabu, 07 Desember 2016

critical jurnal report aplikasi dasar komputer



Mata Kuliah Aplikasi Dasar Komputer
                                        Critical Journal Review
Dosen pengampu: Dr. Arnita, M.Si

Disusun oleh
Kelompok 1
Sukmawati
Dinda Delfi Asyifa
Vivi Sulastri
Yusdiantina Siregar
Yola Ayuningtyas

PRODI  PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIMED
2016


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan yang maha kuasa karena atas berkat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan tugas CRITICAL JOURNAL REVIEW tepat pada waktu yang telah tetapkan. Penulis juga berterima kasih kepada pihak yang  telah  membantu penulis dalam menyusun tugas ini.
Dalam menyusun tugas ini jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis sangat membutuhkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi menyempurnakan tugas ini ke depan. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih.







                                                           Medan, November 2016

                                                           Penyusun






DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ........... i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ........... ii
JURNAL I................................................................................................................. ........... 1
1.      Judul Artikel.................................................................................................. ........... 1
2.      Penulis............................................................................................................ ........... 1
3.      Latar Belakang............................................................................................... ........... 1
4.      Rumusan Masalah.......................................................................................... ........... 1
5.      Tujuan Penelitian............................................................................................ ........... 1
6.      Teori-teori yang digunakan............................................................................ ........... 2
7.      Pemanfaatan Teknologi Komputer............................................................................ 2
8.      Metode Penelitian yang Digunakan............................................................... ........... 2
9.      Hasil Penelitian.............................................................................................. ........... 2
10.  Simpulan........................................................................................................ ........... 2
JURNAL II................................................................................................................ ........... 3
1.      Latar Belakang............................................................................................... ........... 3
2.      Rumusan Masalah.......................................................................................... ........... 3
3.      Tujuan Penelitian............................................................................................ ........... 3
4.      Teori-teori yang Digunakan........................................................................... ........... 3
5.      Metode Penelitian.......................................................................................... ........... 3
6.      Hasil Penelitian.............................................................................................. ........... 4
7.      Simpulan........................................................................................................ ........... 4
KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN............................................................................. 5
IMPLIKASI.......................................................................................................................... 8
KESIMPULAN DAN SARAN................................................................................ ........... 9
DAFTAR ISI............................................................................................................. ........... 10






JURNAL I : PENGGUNAAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI
Identitas Jurnal
Nama Jurnal                : Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan
Volume Penerbitan     : Vol 12
Tahun Terbit                : 2007
Edisi                            : 1 (pertama)
Jumlah Artikel             : 57-65
Deskripsi Setiap Artikel :
1.    Judul Artikel : Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi
2.    Penulis : Maria Ulpha
3.    Latar Belakang :
Media pembelajaran amat menentukan hasil proses pendidikan, maka manusia secara terus menerus memperbaiki media pembelajaran. Dari yang paling sederhana, dengan menggunakan media tulis yang terbuat dari batu, dimanfaatkannya papan tulis pada pertengahan abad XIX, penggunaan radio pada awal abad XX, hingga handout overhead projector (OHP) dan komputer. Televise sebagai media pembelajaran pun sudah dikenal dan dipergunakan saat ini, misalnya pada acara perkuliahan Universitas Terbuka (UT). Papan tulis adalah media yang hamper selalu digunakan oleh semua dosen dan selalu ada di setiap ruang, di perguruan tinggi manapun. Selain papan tulis, OHP juga umum digunakan di dalam proses perkuliahan atau pelatihan.
Hal ini akan berakibat adanya pergeseran pandangan masyarakat yang menjadikan komputer sebagai alat bantu esensial bagi kehidupannya. Dunia pendidikan pun harus mampu mengantisipasi perubahan tersebut, salah satu caranya menjadikan komputer sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Berbagai  inovasi pembelajaran dengan upayya perluasan bahan ajar telah memosisikan komputer sebagai alat yang memberikan kontribusi yang positif dalam proses pembelajaran, khususnya di perguruan tinggi.
4.    Rumusan Masalah : artikel jurnal ini menjelaskan keistimewaan komputer sebagai media pembelajaran.
5.    Tujuan Penelitian : membantu mahasiswa dalam mengingat dan menggunakan informasi yang diberikan dosen, menguatkan pelajaran yang sudah lewat melalui pengulangan, 17 misalnya dalam memahami fakta, konsep, aturan, dan prosedur. Penggunaan media atau alat-alat berteknologi modern seperti komputer di dalam perkuliahan tentu tidak bermaksud mengganti cara mengajar yang baik, melainkan untuk melengkapi dan membantu para dosen dalam menyampaikan materi. Hal ini menuntut dosen untuk lebih professional dalam pengorganisasian teknologi komputer dalam perkuliahan.
6.    Teori-teori yang Digunakan :
a.       Kuliah dkk, dari hasil penelitiannya mengatakan bahwa siswa yang menggunaakan komputer selama 10 menit per hari dalam belajar matematika, mendapakan hasil yang secara signifikan lebih baik daripada siswa yang tidak mengakses komputer sama sekali.
b.      Willett & Netusil, mengatakan bahwa siswa yang dilatih dengan menggunakan komputer dalam belajar kunci music juga mendapatkan hasil secara signifikan lebih baik dibandingkan yang tidak menggunakan komputer.
c.       Atkinson
d.      Ahmed Akour, menjalankan penelitian terhadap 138 mahasiswa di Al-Bayt University, Jordan, di dapat hasil bahwa pembelajaran tradisional plus komputer lebih efektif disbanding pembelajaran tradisional saja.
7.    Pemanfaatan Teknologi Komputer Dalam Perkuliahan :
Penggunaan media atau alat-alat berteknologi modern seperti komputer di dalam perkuliahan tentu tidak bermaksud mengganti cara mengajar yang baik, melainkan untuk melengkapi dan membantu para dosen dalam menyampaikan materi. Hal ini menuntut dosen untuk lebih professional dalam pengorganisasian pembelajaran dan meningkatkan kompetensinya agar mampu menyerap pemanfaatan teknologi komputer dalam perkuliahan.
8.     Metode Penelitian yang Digunakan :  tidak terdapat metode penelitian, pada jurnal yang dijadikan sebagai panduan menggunakan metode survey.
9.    Hasil Penelitian : menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran dengan media komputer lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan  media tradisional.
10.              Simpulan :
Komputer sebagai media teknologi merupakan alat yang cukup strategis untuk dapat membantu pembelajaran di perguruan tinggi. Namun demikian, di samping berbagai keunggulan komputer dalam pembelajaran yang telah banyak disinggung di atas, perlu dianntisipasi juga beberapa keterbatasan dan kelemahan komputer dalam membantu pembelajaran di pperguruan tinggi. Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan instruksional yang teah digariskan sebelumnya dan menghasilkan mahasiswa berkualitas.
JURNAL II : PENGGUNAAN KOMUTER DALAM PENGAJARAN PEMBELAJARAN DALAM KALANGAN GURU SEKOLAH MENENGAH
Identitas Jurnal
Nama Jurnal                : Penggunaan Komputer Dalam Pembelajaranpada Kalangan Guru Sekolah Menengah : Satu Kajian Kes Sekolah Padang
Volume Penerbitan     : vol. XXIV
Tahun Terbi                 : 2006
Edisi                            : 2
Jumlah Artikel             : 23
Deskripsi Setiap Artikel
1.    Judul Artikel : COMPUTER USAGE IN TEACHING AND LEARNING AMONG SECONDARY SCHOOL TEACHERS : A CASE STUDY IN PENANG.
2.    Penulis :
Abdul Wahab Ismail Gani
Kamaliah Hj. Siarap
Hasrina Mustafa
3.    Latar Belakang :
Dalam bidang pendidikan, usaha memepertingkatkan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran terus dipergiatkan bagi melahirkan generasi muda yang celik komputer dan senantiasa peka dengan perkembangan teknologi semasa. Selaras dengan kesungguhan kerajaan menggalakkan penggunaan komputer dalam bidang pendidikan, adalah wajar satu kajian dilakukan untuk mengetahui tahap penggunaan komputer bagi pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru. Justeru itu, satu kajian kes dijalankan di tiga buah sekolah menengah Pulau Pinang.
4.    Rumusan Masalah : rumusan masalah dalam jurnal ini, yaitu bagaimana cara untuk mengetahui tahap penggunaan kompuuter bagi pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru ?
5.    Tujuan Penelitian : untuk mengetahui tahap penggunaan komputer bagi pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru.
6.    Teori-teori yang digunakan :
Teori Resapan Inofasi, teori ini membincangkan dengan mendalam bagaimana sesuatu yang baru sama ada dalam bentuk idea, teknologi, barang atau teknik-teknk berkembang dalam berbagai khalayak sehingga diterima dan diamalkan sepenuhnya oleh masyarakat.
7.    Simpulan :
secara umum dapatlah dirumuskan bahwa faktor pengetahuan, sikap, sifat-sifat inovasi, personality guru, dan sokongan organisasi amat mempengaruhi penerimaan dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru. Di samping itu, faktor demografi seperti jantina, umur dan mata pelajaran major yang diajar di dapat tidak mempengaruhi penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
















KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN PENELITIAN
No.
Aspek
Keunggulan
Kelemahan
1.
Kegayutan antar elemen
Pada kegayutan antar elemen dalam jurnal pertama dan kedua, penulis mampu menyajikan materi secara berurutan dan sistematis. Pada jurnal pertama, penulis menguraikan materi dari dasar yaitu media pengajaran, kemudian pengajaran yang menggunakan komputer dan dilanjutkan dengan model pembelajaran komputer diperguruan tinggi. Dan pada jurnal kedua, dibuktikan pada pembahasan teori resapan inovasi yang pada paragraf pertamanya dijelaskan mengenai pengertian teori tersebuut dan pada paragraph selanjutnya dijelaskan mengenai pengertian teori tersebut tetapi dengan pendapat ahli yang berbeda.
Pada kegayutan antar elemen dalam jurnal pertama dan kedua ini tidak dapat kelompok 1 temui kelemahannya. Penulis sudah mampu menjabaarkan dengan baik tetapi sayangnya pada bagian abstrak tidak ada terdapat bahasa Indonesia tetapi hanya bahasa inggris saja, sehingga hal ini membuat pembaca kurang memahami maksud dari abstrak jurnal tersebut dan dalam jurnal tersebut pembaca juga tidak dapat menemukan tujuan dari jurnal. Dan pada jurnal kedua, penulis tidak meletakkan reviewer atau editor serta dalam bagian abstrak tidak dilampirkan secara jelas pula tujuan dan metode yang digunakan dalam melakukan penelitian, hal ini menyebabkan pembaca kurang mengetahui secara jelas mengenai tujuan dan metode yang digunakan dalam jurnal tersebut.
2.
Originalitas temuan
Pada jurnal pertama, terlampir data-data yang akurat sehingga keoriginalitas penelitian bias dikatakan baik dan mencukupi standar untuk melakukan penelitian, seperti pada bagian “bahwa siswa yang menggunakan komputer selama 10 menit perhari dalam belajar matematika, mendapatkan hasil yang secara signifikan lebi baik dari pada siswa yang tidak mengakses komputer sama sekali”. Pada jurnal kedua juga sudah terlampir data-data yang akurat sehingga keoriginalitas penelitian bias dikatakan baik dan mencukupi standar untuk melakukan penelitian, hal iini dapat dibuktikan pada kalimat “ hasil kajian berdasarkan jadual 1 menunjukkan bahw lebih ramai guru wanita berbanding lelaki”.
Pada jurnal pertama dan kedua tersebut data-data yang terlampir  pada jurnal tersebut tidak secara detail pada objeknya. Sehingga pembaca kurang memahami maksud dari objek yang digambarkan tersebut. Hanya barupa kata-kata saja tidak disertai table, bagan maupun diagram.
3.
Kemutakhiran masalah
Pada jurnal pertama telah disajikan tentang penggunaan media komputer dalam pembelajaran, teori ini masih sangat dapat dilakukan pada zaman sekarang yang menunjukkan bahwa penggunaan internet dan alat komunikasinya semakin canggih. Dalam jurnal kedua, telah dikemukakan tentang teoori “resapan inovasi”, teori ini masih sangat dapat digunakan di zaman sekarang ini. Teori resapan inovasi adalah suatu teori yang dipelopori oleh Everett M. Rogers.
Kemutakhiran pada jurnal pertama ini diuraikan tidak memiiki unsure mutakhir, hal ini dapat dilihat dari data-data yang disajikan penulis yang melampirkan data laporan penelitian. Dan pada jurnal kedua, tidak menyajikan data-data yang baru dalam jurnal ini disajikan data-data yang sudah lama. Bahasa dalam jurnal kedua ini juga kurang dapat dimengerti karena merupakan jurnal Malaysia.
4.
Kohesi dan koherensi isi penelitian
Pada kedua jurnal tersebut tidak dijumpai satupun kalimat yang menyimpang dari gagasan utama ataupun loncatan-loncatan pikiran yang membingungkan . penulis mampu menghubungkan antara paragraph utama dan hubungan yang disampaikan pada paragraph dan juga penulis mampu memadupadankan setiap penggunaan kata-kata dalam setia paragraph. Dan jugajurnal ini sangat bagus karena disertai contoh-contoh dan hasil data penelitiannya.
Pada bagian kohesi dan koherensi kedua jurnal tidak dapat ditemukan kelemahannya hal ini dikarenakan penulis sudah sangat bagus dalam memaparkan materi dan tidak ada satupun pembahasan yang menyimpang maupun loncat-loncat sehingga para pembaca tidak dibinggungkan.








IMPLIKSI
a)      Teori
Jurnal pertama dari maria ulpah ini sangat bermanfaat untuk dijadikan landasan teori ataupun bahan ajar karena pada jurnal ini sudah sangat bagus memaparkan bagaimana komputer sebagai media pembelajaran dan model pengajaran di perguruan tinggi dan dijelaskan dengan contoh-contoh dan hasil penelitian yang akurat sehingga kita bisa menarik kesimpulan dan mengambilnya sebagai bahan teori. Dan juga pada jurnal kedua bermanfaat untuk dijadikan landasan teori dan bahan belajar maupun bahan ajar untuk guru sekolah menengah pertama karena pada jurnal  ini sudah sangat bagus memaparkan bagaimana komputer sebagai media pembelajaran dan model pengajaran di sekolah.
b)     Program pembangunan di Indonesia
Jurnal pertama dari Maria Ulpah ini sangat bagus sehingga dengan membaca jurnal ini kita dapat mengetahui manfaat komputer bagi pembelajaran yang dapat membantu program pembangunan di Indonesia dan membuat Indonesia semakin maju. Dan pada jurnal kedua, dapat digunakan untk meningkatkan keterampilan guru sekolah pertama dalam pembelajaran komputer khususnya kepada peserta didik nantinya. Dengan demikian semakin banyak guru atau peserta didik yang mampu untuk mengoprasikan komputer maka akan semakin maju pula pembangunan di Indonesia khususnya pada bidang IPTEK.
c)      Pembahasan dan analisis
Jurnal pertama dari Maria Ulpah ini sangat bagus dari segipembahasan dan analisisnya karena pada jurnal ini sudah sangat jelas dalam menyajikan materi sehingga dapat membantu pembaca sebagai mahasiswa dengan jurnal ini pembaca dituntut untuk lebih mengetahui dan mampu menggunakan komputer sebagai bahan belajar. Selain itu juga jurnal ini dapat memberikan informasi mengenai pembelajaran menggunakan komputer. Dan pada jurnal kedua yang ditulis oleh Abdul Wahab dan kawan-kawan sangat bagus dari segi pembahasan dan analisisnya karena pada jurnal ini sudah sangat jelad dalam menyajikan materi sehingga dapat membantu pembaca sebagai mahasiswa dengan jurnal ini pembaca dituntut untuk lebih mengetahui dan mampu menggunakan komputer sebagai bahan belajar.


KESIMPULAN DAN SARAN
a.      Kesimpulan
Jurnal pertama dari Maria Ulpah mengenai Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi sangat bermanfaat untuk pembaca dan untuk sebagai sumber bahan belajar. Maria Ulpah dapat membuat pembaca tertarik untuk membaca jurnalnya karena isi dari jurnal tersebut sudah sangat jelas, padat, dan ringkas sehingga kita mudah menarik inti sari dari setiap pembahasan yang ada. Namun, dalam memaparkan isi materi kurang diperjelas dengan menggunakan hasil penelitian menggunakan bagan, diagram, maupun table. Dan jurnal kedua dari Abdul Wahab secara umumnya dapatlah disimpulkan bahwa faktor pengetahuan, sikap, sifat-sifat inovasi, kelompok guru, dan sokongan organisasi sangat mempengaruhi penerimaan dan penggunaan komputer di pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru.  
b.      Saran
Untuk mengetahui Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi sudah cukup terperinci, untuk itu ada dapat membaca jurnal ini untuk sumber belajar aplikasi dasar komputer. Dan pada jurnal kedua, sebaiknya dalam hal penulisan jurnal perlu digunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh khalayak sehingga pembaca mampu menangkap maknaa yang terdapat dalam jurnal tersebut. Kemudian dalam materi, sebenarnya dalam hal in perlu adanya kerja sama yang baik antara mahasiswa/siswa dengan dosen/guru untuk dapat menciptakan suasana yang baik dalam penerapan komputer dalam perkuliahan maupun sekolah.


DAFTAR PUSTAKA
Ulpah Maria. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. Penggunaan Komputer Sebagai Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Purwokerto, 2007.
Abdul Wahab Ismail Gani Kamaliah. Jurnal Penggunaan Komputer Dalam Pengajaran Pembelajaran Dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah : Satu Kajian Kes Di Pulau Pinang. Malaysia, 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar