Mata Kuliah
Aplikasi Dasar Komputer
Critical Journal Review
Dosen pengampu: Dr. Arnita, M.Si
Disusun oleh
Kelompok 1
Sukmawati
Dinda Delfi Asyifa
Vivi Sulastri
Yusdiantina Siregar
Yola Ayuningtyas
PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIMED
2016
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan yang maha kuasa karena atas
berkat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan tugas CRITICAL JOURNAL REVIEW
tepat pada waktu yang telah tetapkan. Penulis juga berterima kasih kepada pihak
yang telah membantu penulis dalam menyusun tugas ini.
Dalam menyusun tugas ini jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis sangat
membutuhkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi menyempurnakan tugas ini ke
depan. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih.
Medan,
November 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.............................................................................................. ........... i
DAFTAR
ISI............................................................................................................. ........... ii
JURNAL
I................................................................................................................. ........... 1
1. Judul
Artikel.................................................................................................. ........... 1
2. Penulis............................................................................................................ ........... 1
3. Latar
Belakang............................................................................................... ........... 1
4. Rumusan
Masalah.......................................................................................... ........... 1
5. Tujuan
Penelitian............................................................................................ ........... 1
6. Teori-teori
yang digunakan............................................................................ ........... 2
7. Pemanfaatan
Teknologi Komputer............................................................................ 2
8. Metode
Penelitian yang Digunakan............................................................... ........... 2
9. Hasil
Penelitian.............................................................................................. ........... 2
10. Simpulan........................................................................................................ ........... 2
JURNAL
II................................................................................................................ ........... 3
1. Latar
Belakang............................................................................................... ........... 3
2. Rumusan
Masalah.......................................................................................... ........... 3
3. Tujuan
Penelitian............................................................................................ ........... 3
4. Teori-teori
yang Digunakan........................................................................... ........... 3
5. Metode
Penelitian.......................................................................................... ........... 3
6. Hasil
Penelitian.............................................................................................. ........... 4
7. Simpulan........................................................................................................ ........... 4
KEUNGGULAN
DAN KELEMAHAN............................................................................. 5
IMPLIKASI.......................................................................................................................... 8
KESIMPULAN
DAN SARAN................................................................................ ........... 9
DAFTAR
ISI............................................................................................................. ........... 10
JURNAL I : PENGGUNAAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI
Identitas Jurnal
Nama
Jurnal : Jurnal Pemikiran
Alternatif Pendidikan
Volume
Penerbitan : Vol 12
Tahun
Terbit : 2007
Edisi : 1 (pertama)
Jumlah
Artikel : 57-65
Deskripsi Setiap Artikel :
1. Judul Artikel :
Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi
2. Penulis
: Maria Ulpha
3. Latar Belakang
:
Media
pembelajaran amat menentukan hasil proses pendidikan, maka manusia secara terus
menerus memperbaiki media pembelajaran. Dari yang paling sederhana, dengan
menggunakan media tulis yang terbuat dari batu, dimanfaatkannya papan tulis
pada pertengahan abad XIX, penggunaan radio pada awal abad XX, hingga handout overhead projector (OHP) dan komputer.
Televise sebagai media pembelajaran pun sudah dikenal dan dipergunakan saat
ini, misalnya pada acara perkuliahan Universitas Terbuka (UT). Papan tulis
adalah media yang hamper selalu digunakan oleh semua dosen dan selalu ada di
setiap ruang, di perguruan tinggi manapun. Selain papan tulis, OHP juga umum
digunakan di dalam proses perkuliahan atau pelatihan.
Hal
ini akan berakibat adanya pergeseran pandangan masyarakat yang menjadikan
komputer sebagai alat bantu esensial bagi kehidupannya. Dunia pendidikan pun
harus mampu mengantisipasi perubahan tersebut, salah satu caranya menjadikan
komputer sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Berbagai inovasi pembelajaran dengan upayya perluasan
bahan ajar telah memosisikan komputer sebagai alat yang memberikan kontribusi
yang positif dalam proses pembelajaran, khususnya di perguruan tinggi.
4. Rumusan Masalah
: artikel jurnal ini menjelaskan keistimewaan komputer sebagai media
pembelajaran.
5. Tujuan Penelitian
: membantu mahasiswa dalam mengingat dan menggunakan informasi yang diberikan
dosen, menguatkan pelajaran yang sudah lewat melalui pengulangan, 17 misalnya
dalam memahami fakta, konsep, aturan, dan prosedur. Penggunaan media atau
alat-alat berteknologi modern seperti komputer di dalam perkuliahan tentu tidak
bermaksud mengganti cara mengajar yang baik, melainkan untuk melengkapi dan
membantu para dosen dalam menyampaikan materi. Hal ini menuntut dosen untuk
lebih professional dalam pengorganisasian teknologi komputer dalam perkuliahan.
6. Teori-teori yang
Digunakan :
a. Kuliah
dkk, dari hasil penelitiannya mengatakan bahwa siswa yang menggunaakan komputer
selama 10 menit per hari dalam belajar matematika, mendapakan hasil yang secara
signifikan lebih baik daripada siswa yang tidak mengakses komputer sama sekali.
b. Willett
& Netusil, mengatakan bahwa siswa yang dilatih dengan menggunakan komputer
dalam belajar kunci music juga mendapatkan hasil secara signifikan lebih baik
dibandingkan yang tidak menggunakan komputer.
c. Atkinson
d. Ahmed
Akour, menjalankan penelitian terhadap 138 mahasiswa di Al-Bayt University,
Jordan, di dapat hasil bahwa pembelajaran tradisional plus komputer lebih
efektif disbanding pembelajaran tradisional saja.
7. Pemanfaatan Teknologi
Komputer Dalam Perkuliahan :
Penggunaan
media atau alat-alat berteknologi modern seperti komputer di dalam perkuliahan
tentu tidak bermaksud mengganti cara mengajar yang baik, melainkan untuk
melengkapi dan membantu para dosen dalam menyampaikan materi. Hal ini menuntut dosen
untuk lebih professional dalam pengorganisasian pembelajaran dan meningkatkan
kompetensinya agar mampu menyerap pemanfaatan teknologi komputer dalam
perkuliahan.
8. Metode
Penelitian yang Digunakan : tidak
terdapat metode penelitian, pada jurnal yang dijadikan sebagai panduan
menggunakan metode survey.
9. Hasil Penelitian
: menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran dengan media komputer lebih baik
dibandingkan pembelajaran dengan media
tradisional.
10.
Simpulan
:
Komputer
sebagai media teknologi merupakan alat yang cukup strategis untuk dapat
membantu pembelajaran di perguruan tinggi. Namun demikian, di samping berbagai
keunggulan komputer dalam pembelajaran yang telah banyak disinggung di atas,
perlu dianntisipasi juga beberapa keterbatasan dan kelemahan komputer dalam
membantu pembelajaran di pperguruan tinggi. Hal ini dilakukan agar proses
pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan instruksional yang teah digariskan
sebelumnya dan menghasilkan mahasiswa berkualitas.
JURNAL II : PENGGUNAAN
KOMUTER DALAM PENGAJARAN PEMBELAJARAN DALAM KALANGAN GURU SEKOLAH MENENGAH
Identitas Jurnal
Nama Jurnal :
Penggunaan Komputer Dalam Pembelajaranpada Kalangan Guru Sekolah Menengah :
Satu Kajian Kes Sekolah Padang
Volume
Penerbitan : vol. XXIV
Tahun
Terbi : 2006
Edisi :
2
Jumlah
Artikel : 23
Deskripsi Setiap
Artikel
1. Judul Artikel
: COMPUTER USAGE IN TEACHING AND LEARNING AMONG SECONDARY SCHOOL TEACHERS : A
CASE STUDY IN PENANG.
2. Penulis
:
Abdul Wahab
Ismail Gani
Kamaliah Hj.
Siarap
Hasrina Mustafa
3. Latar Belakang
:
Dalam
bidang pendidikan, usaha memepertingkatkan penggunaan komputer dalam pengajaran
dan pembelajaran terus dipergiatkan bagi melahirkan generasi muda yang celik
komputer dan senantiasa peka dengan perkembangan teknologi semasa. Selaras
dengan kesungguhan kerajaan menggalakkan penggunaan komputer dalam bidang
pendidikan, adalah wajar satu kajian dilakukan untuk mengetahui tahap
penggunaan komputer bagi pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru.
Justeru itu, satu kajian kes dijalankan di tiga buah sekolah menengah Pulau
Pinang.
4. Rumusan Masalah
: rumusan masalah dalam jurnal ini, yaitu bagaimana cara untuk mengetahui tahap
penggunaan kompuuter bagi pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru
?
5. Tujuan Penelitian
: untuk mengetahui tahap penggunaan komputer bagi pengajaran dan pembelajaran
dalam kalangan guru-guru.
6. Teori-teori yang
digunakan :
Teori Resapan
Inofasi, teori ini membincangkan dengan mendalam bagaimana sesuatu yang baru
sama ada dalam bentuk idea, teknologi, barang atau teknik-teknk berkembang
dalam berbagai khalayak sehingga diterima dan diamalkan sepenuhnya oleh
masyarakat.
7. Simpulan
:
secara
umum dapatlah dirumuskan bahwa faktor pengetahuan, sikap, sifat-sifat inovasi,
personality guru, dan sokongan organisasi amat mempengaruhi penerimaan dan
penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru.
Di samping itu, faktor demografi seperti jantina, umur dan mata pelajaran major
yang diajar di dapat tidak mempengaruhi penggunaan komputer dalam pengajaran dan
pembelajaran.
KEUNGGULAN DAN
KELEMAHAN PENELITIAN
No.
|
Aspek
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
1.
|
Kegayutan antar
elemen
|
Pada kegayutan antar
elemen dalam jurnal pertama dan kedua, penulis mampu menyajikan materi secara
berurutan dan sistematis. Pada jurnal pertama, penulis menguraikan materi
dari dasar yaitu media pengajaran, kemudian pengajaran yang menggunakan
komputer dan dilanjutkan dengan model pembelajaran komputer diperguruan
tinggi. Dan pada jurnal kedua, dibuktikan pada pembahasan teori resapan
inovasi yang pada paragraf pertamanya dijelaskan mengenai pengertian teori
tersebuut dan pada paragraph selanjutnya dijelaskan mengenai pengertian teori
tersebut tetapi dengan pendapat ahli yang berbeda.
|
Pada kegayutan antar
elemen dalam jurnal pertama dan kedua ini tidak dapat kelompok 1 temui
kelemahannya. Penulis sudah mampu menjabaarkan dengan baik tetapi sayangnya
pada bagian abstrak tidak ada terdapat bahasa Indonesia tetapi hanya bahasa
inggris saja, sehingga hal ini membuat pembaca kurang memahami maksud dari
abstrak jurnal tersebut dan dalam jurnal tersebut pembaca juga tidak dapat
menemukan tujuan dari jurnal. Dan pada jurnal kedua, penulis tidak meletakkan
reviewer atau editor serta dalam bagian abstrak tidak dilampirkan secara
jelas pula tujuan dan metode yang digunakan dalam melakukan penelitian, hal
ini menyebabkan pembaca kurang mengetahui secara jelas mengenai tujuan dan
metode yang digunakan dalam jurnal tersebut.
|
2.
|
Originalitas temuan
|
Pada jurnal pertama,
terlampir data-data yang akurat sehingga keoriginalitas penelitian bias
dikatakan baik dan mencukupi standar untuk melakukan penelitian, seperti pada
bagian “bahwa siswa yang menggunakan komputer selama 10 menit perhari dalam
belajar matematika, mendapatkan hasil yang secara signifikan lebi baik dari
pada siswa yang tidak mengakses komputer sama sekali”. Pada jurnal kedua juga
sudah terlampir data-data yang akurat sehingga keoriginalitas penelitian bias
dikatakan baik dan mencukupi standar untuk melakukan penelitian, hal iini
dapat dibuktikan pada kalimat “ hasil kajian berdasarkan jadual 1 menunjukkan
bahw lebih ramai guru wanita berbanding lelaki”.
|
Pada jurnal pertama
dan kedua tersebut data-data yang terlampir
pada jurnal tersebut tidak secara detail pada objeknya. Sehingga
pembaca kurang memahami maksud dari objek yang digambarkan tersebut. Hanya
barupa kata-kata saja tidak disertai table, bagan maupun diagram.
|
3.
|
Kemutakhiran masalah
|
Pada jurnal pertama
telah disajikan tentang penggunaan media komputer dalam pembelajaran, teori
ini masih sangat dapat dilakukan pada zaman sekarang yang menunjukkan bahwa
penggunaan internet dan alat komunikasinya semakin canggih. Dalam jurnal kedua,
telah dikemukakan tentang teoori “resapan inovasi”, teori ini masih sangat
dapat digunakan di zaman sekarang ini. Teori resapan inovasi adalah suatu
teori yang dipelopori oleh Everett M. Rogers.
|
Kemutakhiran pada
jurnal pertama ini diuraikan tidak memiiki unsure mutakhir, hal ini dapat
dilihat dari data-data yang disajikan penulis yang melampirkan data laporan
penelitian. Dan pada jurnal kedua, tidak menyajikan data-data yang baru dalam
jurnal ini disajikan data-data yang sudah lama. Bahasa dalam jurnal kedua ini
juga kurang dapat dimengerti karena merupakan jurnal Malaysia.
|
4.
|
Kohesi dan koherensi
isi penelitian
|
Pada kedua jurnal
tersebut tidak dijumpai satupun kalimat yang menyimpang dari gagasan utama
ataupun loncatan-loncatan pikiran yang membingungkan . penulis mampu
menghubungkan antara paragraph utama dan hubungan yang disampaikan pada
paragraph dan juga penulis mampu memadupadankan setiap penggunaan kata-kata
dalam setia paragraph. Dan jugajurnal ini sangat bagus karena disertai
contoh-contoh dan hasil data penelitiannya.
|
Pada bagian kohesi
dan koherensi kedua jurnal tidak dapat ditemukan kelemahannya hal ini
dikarenakan penulis sudah sangat bagus dalam memaparkan materi dan tidak ada
satupun pembahasan yang menyimpang maupun loncat-loncat sehingga para pembaca
tidak dibinggungkan.
|
IMPLIKSI
a)
Teori
Jurnal pertama dari maria ulpah ini sangat bermanfaat
untuk dijadikan landasan teori ataupun bahan ajar karena pada jurnal ini sudah
sangat bagus memaparkan bagaimana komputer sebagai media pembelajaran dan model
pengajaran di perguruan tinggi dan dijelaskan dengan contoh-contoh dan hasil
penelitian yang akurat sehingga kita bisa menarik kesimpulan dan mengambilnya
sebagai bahan teori. Dan juga pada jurnal kedua bermanfaat untuk dijadikan
landasan teori dan bahan belajar maupun bahan ajar untuk guru sekolah menengah
pertama karena pada jurnal ini sudah
sangat bagus memaparkan bagaimana komputer sebagai media pembelajaran dan model
pengajaran di sekolah.
b)
Program
pembangunan di Indonesia
Jurnal pertama dari Maria Ulpah ini sangat bagus
sehingga dengan membaca jurnal ini kita dapat mengetahui manfaat komputer bagi
pembelajaran yang dapat membantu program pembangunan di Indonesia dan membuat
Indonesia semakin maju. Dan pada jurnal kedua, dapat digunakan untk
meningkatkan keterampilan guru sekolah pertama dalam pembelajaran komputer
khususnya kepada peserta didik nantinya. Dengan demikian semakin banyak guru
atau peserta didik yang mampu untuk mengoprasikan komputer maka akan semakin
maju pula pembangunan di Indonesia khususnya pada bidang IPTEK.
c)
Pembahasan
dan analisis
Jurnal pertama dari Maria Ulpah ini sangat bagus
dari segipembahasan dan analisisnya karena pada jurnal ini sudah sangat jelas
dalam menyajikan materi sehingga dapat membantu pembaca sebagai mahasiswa
dengan jurnal ini pembaca dituntut untuk lebih mengetahui dan mampu menggunakan
komputer sebagai bahan belajar. Selain itu juga jurnal ini dapat memberikan
informasi mengenai pembelajaran menggunakan komputer. Dan pada jurnal kedua
yang ditulis oleh Abdul Wahab dan kawan-kawan sangat bagus dari segi pembahasan
dan analisisnya karena pada jurnal ini sudah sangat jelad dalam menyajikan
materi sehingga dapat membantu pembaca sebagai mahasiswa dengan jurnal ini
pembaca dituntut untuk lebih mengetahui dan mampu menggunakan komputer sebagai
bahan belajar.
KESIMPULAN DAN SARAN
a.
Kesimpulan
Jurnal pertama dari Maria Ulpah mengenai Penggunaan
Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi sangat bermanfaat untuk
pembaca dan untuk sebagai sumber bahan belajar. Maria Ulpah dapat membuat
pembaca tertarik untuk membaca jurnalnya karena isi dari jurnal tersebut sudah
sangat jelas, padat, dan ringkas sehingga kita mudah menarik inti sari dari
setiap pembahasan yang ada. Namun, dalam memaparkan isi materi kurang
diperjelas dengan menggunakan hasil penelitian menggunakan bagan, diagram,
maupun table. Dan jurnal kedua dari Abdul Wahab secara umumnya dapatlah
disimpulkan bahwa faktor pengetahuan, sikap, sifat-sifat inovasi, kelompok
guru, dan sokongan organisasi sangat mempengaruhi penerimaan dan penggunaan
komputer di pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru.
b.
Saran
Untuk mengetahui Penggunaan Komputer Sebagai Media
Pembelajaran di Perguruan Tinggi sudah cukup terperinci, untuk itu ada dapat
membaca jurnal ini untuk sumber belajar aplikasi dasar komputer. Dan pada
jurnal kedua, sebaiknya dalam hal penulisan jurnal perlu digunakan bahasa yang
mudah dimengerti oleh khalayak sehingga pembaca mampu menangkap maknaa yang
terdapat dalam jurnal tersebut. Kemudian dalam materi, sebenarnya dalam hal in
perlu adanya kerja sama yang baik antara mahasiswa/siswa dengan dosen/guru
untuk dapat menciptakan suasana yang baik dalam penerapan komputer dalam
perkuliahan maupun sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Ulpah
Maria. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. Penggunaan Komputer Sebagai Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Purwokerto,
2007.
Abdul Wahab Ismail
Gani Kamaliah. Jurnal Penggunaan Komputer
Dalam Pengajaran Pembelajaran Dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah : Satu
Kajian Kes Di Pulau Pinang. Malaysia, 2006.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar